7 Tips Agar Belajar Laravel menjadi Lebih Efektif

Laravel adalah sebuah framework gratis yang mengusung konsep Model View Controller atau MVC pola arsitektur yang diciptakan oleh Taylor Otwell. Laravel merupakan salah satu framework PHP yang paling populer di Indonesia, karena banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan framework ini sebagai pembuatan dan pengembagan websitenya. Dengan kepopulerannya ini, membuat banyak developer yang ingin belajar dan memahami lebih banyak mengenai framework ini, dalam mempelajari framework Laravel memang bisa di bilang gampang gampang susah. Tapi kamu jangan khawatir, dalam artikel kali ini GeeksFarm akan membahas tips-tips yang bisa kamu coba agar lebih efektif dalam mempelajari framework Laravel ini.

 

Tips 1: Jangan Belajar Langsung Dari Dokumentasi

Dokumentasi memang merupakan sumber paling lengkap untuk belajar, sehingga tidak heran jika ada pertanyaan dari mana harus mulai belajar Laravel yang ditanyakan oleh pemula, maka member forum akan mengatakan buka saja dokumentasinya. pengetahuan tentang ekosistem PHP, bagaimana web server bekerja dan hal lain juga diperlukan.

Sebagai contoh bagian pertama dari dokumentasi adalah tentang instalasi, hal ini tidak cuman tentang download dan install source code Laravel, tapi pengetahuan tentang komposer, bagaimana menggunakan terminal, bagaimana web server bekerja dan hal lain yang harus dipelajari terlebih dahulu.

 

Tips 2: Pelajari PHP Dasar, OOP Composer Dan Terminal

Mungkin ini adalah hal yang sepele, tapi banyak juga yang ternayata mempelajari Laravel tanpa mempelajari PHP dasar terlebih dahulu, ini sama saja seperti kamu belajar Jquery tanpa belajar javascript terlebih dahulu, fudamental yang baik akan memberikan pemahaman yang baik pula.

Untuk mulai belajar framework PHP modern (Laravel, Symfony, atau orang lain), kamu harus paham PHP. Dan yang paling penting adalah konsep pemrograman berorientasi objek atau OOP. karna semua framework ditulis dalam konsep OOP dan Kamu harus familiar tentang konsep classes, objects, properties, methods, dependencies, traits dan lainya.

Secara umum, kami akan menyarankan kamu untuk membuat setidaknya satu proyek sederhana dengan PHP native tanpa franework apapun. Kamu akan memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan PHP yang akan memungkinkan Kamu untuk menggunakan fungsi internal LARAVEL lebih efisien.

Juga penggunaan composer yang merupakan sebuah tools yang membantu kamu dalam management dapedenci yang akan kamu gunakan. Pengetahuan tentang Komposer akan membantu kamu lebih kompeten menggunakan Laravel, dan ini merupakan bagian penting dari pengembangan PHP modern.

Dan jangan lupa juga pengetahuan tentang terminal Atau baris perintah di CMD untuk OS Windows. Sekali lagi, framework PHP modern menggunakan perintah untuk generator yang mereka gunakan untuk keperluan memasang library, mengubah pengaturan, mendeploy dan hal yang lain.

 

Tips 3: Beli Buku, Ikutan Kursus Atau Video Tutorial?

Ini mungkin pertanyaan yang paling penting, bagaimana cara terbaik untuk belajar? Ini adalah pilihan pribadi karena sebagian orang lebih cepat belajar dengan pembaca, sementara yang lain lebih cepat dengan video karena bisa menyerap pelajaran secara audiofisual. semuanya bagus dan itu kembali kepada kamu mana yang membuat kamu lebih nyaman.

sumber yang akan kamu gunakan untuk belajar sebaiknya lengkap dan terstruktur. kamu tidak bisa hanya mengambil artikel acak atau video dari YouTube-tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. karena nantinya kamu akan kesulitan untuk memahami implementasi dari materi pertama ke materi selanjutnya.

Beberapa orang mengatakan Kamu dapat belajar Laravel hanya dari mencari internet karena ada sejumlah besar tutorial yang tersedia secara gratis. Yang sebagian benar, tetapi jika Kamu memilih jalan itu, Kamu akan harus menghabiskan banyak waktu mencoba mana tutorial yang terbaik dan berfikir keras agar materi yang kamu pelajari sebelumnya nyambung dengan materi yang sekarang, ingat salah satu kriteria sumber belajar yang baik adalah materinya yang terstruktur.

Buku atau video tutorial premium adalah media terbaik untuk kamu belajar, karna tentunya trainer sudah menyusun silabus sebaik mungkin agar membuat kamu nyaman dalam proses belajar.

 

Tips 4: Berhenti Membaca Dan Mulailah Menulis

Adalah mustahil untuk belajar pemrograman apapun tanpa menulis script. jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk membaca buku atau menonton video tapi malah tidak praktek. mulai lah melakukan coding sedini mungkin. Bahkan, setelah menyelesaikan setiap pelajaran atau bagian, segera mencobanya dalam praktek.

Secara umum, saya akan menyarankan Kamu untuk mencoba membuat proyek sederhana selama pembelajaran. walaupun proyek ini tidak realistis tapi bisa membuat kamu lebih termotivasi dalam belajar. kamu akan bertemu rintangan dan akan memiliki pertanyaan untuk yang harus kamu diskusikan. Dengan memiliki masalah dan mengatasinya, Kamu telah berkembang sebagai developer dan menambah pengetahuan Kamu.

 

Tips 5: Belajar Menggunakan Google dan StackOverflow

Meskipun ini tidak secara langsung berhubungan dengan Laravel tapi ini adalah hal yang penting. kamu bisa memanfaatkan google untuk mendapatkan jawaban atas masalah yang sedang kamu temui. untuk beberapa pertanyaan umum mungkin sudah pernah ada yang menanyakan di stackoverflow sehingga google akan mengarahkan kamu ke link yang di maksud.

 

Tips 6: Cari Guru Yang Siap Mengajari

Masalah terbesar dalam belajar pemrograman adalah ketika script yang kamu tulis tidak bekerja. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah meminta orang lain untuk membantu melalui forum atau bertanya kepada orang yang kamu kenal atau mentor. karna tanpa mentor mungkin kamu tidak bisa memecahkan masalah dan berpotensi akan menyerah dalam proses belajar.

Jadi mulai sekaang sebaiknya kamu sudah punya orang yang siap untuk mengajari kamu, atau minimal kamu bergabung di forum Laravel indonesia, jika kamu mempunyai masalah nanti akan banyak teman teman yang akan membantu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi.

 

Tips 7: Jangan Gampang Menyerah

Seperti disebutkan dalam tips sebelumnya, ketika kamu menyerah karna tidak bisa menyelesaikan masalah, Mungkin itulah alasan mengapa begitu banyak yang mulai belajar, tetapi tidak benyak yang bertahan sampai mereka benar benar bisa. proses belajar kamu akan penuh dengan masalah, pertanyaan-pertanyaan yang sulit diselesaikan atau bahkan depresi karna sulitnya proses belajar. semua orang juga mungkin melawati fase yang sama tapi Jadilah kreatif dan pasti selalu akan ada jalan keluar.

Terus belajar sesuatu yang baru-setiap minggu atau bahkan setiap hari. sama seperti dengan bekerja, jika Kamu melewatkan satu hari untuk belajar apa lagi sampai mingguan maka akan lebih sulit untuk kembali mengingat pelajaran yang dahulu.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba agar pembelajaran framework Laravel menjadi lebih efektif. Buat kamu yang masih bingung karena tidak memiliki teman yang bisa dijadikan sebagai mentor untuk mempelajari Laravel, jangan khawatir GeeksFarm membuka kelas training PHP Laravel. Kamu akan diajarkan mengenai framework Laravel ini dari dasar hingga mahir. Trainer kami sudah berpengalaman dalam mengajarkan materi PHP Laravel ini. Materi yang GeeksFarm tawarkan pun selalu Up to date. Kamu berminat untuk bergabung dengan pelatihan ini? Langsung saja lihat disini, untuk informasi detail mengenai kurikulum training PHP Laravel.

Untuk pendaftaran, silakan hubungi kami atau kunjungi lokasi kami di:

Jln. Pasir Kaliki No.165 Lt. 2 Bandung, 40173

Phone: 0812 2084 4631

 

Sumber:

Belajarphp.net

Mastekno.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: