Apakah Programmer dan Developer itu sama?

Di era digital ini, manusia mulai banyak dibantu oleh teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu kamu dalam satu kali sentuhan melalui media smartphone. Tapi di balik teknologi itu semua terdapat orang-orang hebat yang mengembangkan sistem teknologi tersebut yaitu para Programmer dan Developer. Mereka adalah orang-orang yang berada di balik layar dalam pengembangan aplikasi dan website yang sudah ada saat ini. Tapi apakah kalian tahu apa perbedaan dari seorang Programmer dan Developer? Berikut akan Geeksfarm rangkum mengenai analisa antara Programmer dan Developer yang didapat dari beberapa sumber.

  1. Programmer
photo-1534665482403-a909d0d97c67Sumber: http://www.Unsplash.com

Programmer, seseorang yang bertugas menulis barisan kode yang telah dirancang dan di desain. Biasanya Programmer berfokus kepada penulisan kode dan merapihkan kode tersebut, penting fungsinya berjalan sesuai ketentuan dari System Analyst. Biasanya seorang Programmer mempunyai banyak kemampuan yang terdiri dari berbagai level, selain bisa dan handal dalam menulis kode, seorang Programmer pun haruslah mengerti algoritma, dan biasaya mereka sering bekerja sendiri. Menjadi seorang Programmer setidaknya mereka harus menguasai satu bahasa pemrograman dan handal dalam menggunakannya.

  1. Developer
photo-1522071820081-009f0129c71cSumber: http://www.unsplash.com

Developer, seseorang yang bertugas membangun sebuah sistem, merancang arsitektur, mengimplementasikan serta mengembangkan sistem tersebut dimasa yang akan mendatang. Developer pun bisa dikatakan sebagai seorang Programmer yang sudah terlatih, mereka tidak hanya menyelesaikan masalah, namun juga membangun suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak, termasuk hal-hal seperti kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, dan idealnya keamanan juga. Menjadi seorang developer haruslah memiliki pengalaman yang cukup untuk menyelesaikan masalah yang sudah pernah ia selesaikan sebelumnya dan tahu mana metode yang berhasil dan mana yang tidak. Developer biasanya menggambarkan tujuan, dan mereka merancang perangkat lunak yang akan diambil. Developer memiliki lebih banyak kebebasan karena mereka memiliki pengalaman yang lebih dalam.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan Programmer dan Developer, walaupun memiliki perbedaan tetapi mereka memiliki kesamaan yaitu membuat sebuah aplikasi/program untuk mempermudah kita dalam melakukan segala kegiatan sehari-hari.

Kamu tertarik menjadi seorang programmer?

GeeksFarm membuka pelatihan training untuk membantu kamu menjadi seorang programmer yang handal. Materi yang GeeksFarm sampaikan akan dimulai dari dasar hingga advance jadi pelatihan ini dapat diikuti oleh kamu yang tidak memiliki background IT. GeeksFarm menyediakan 2 materi pelatihan yaitu mobile programming (Android) dan web programming (PHP Laravel & Ruby on Rails).

Untuk informasi dan pendaftaran kamu bisa Buka website GeeksFarm disini.

Sumber:

Medium.com

Jobhun.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: